Tokoplas.com required javascript enable

Ketahui Kemasan Plastik yang Aman Digunakan Berulang Kali

Diposting 31 Agt 2020 di Plastic

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Sebuah kemasan akan menjadi lebih bernilai ketika bisa digunakan berulang kali. Selain ekonomis, kemasan plastik yang dapat digunakan kembali juga bisa membantu mengurangi pembuangan sampah karena masa gunanya yang lebih panjang. Namun tahukah Anda tidak semua jenis kemasan plastik aman untuk penggunaan berulang?


Menurut survei yang dilakukan Shopsmart, setengah dari pengguna kemasan plastik di Amerika Serikat menggunakan kemasan plastik secara berulang, tanpa memiliki informasi mengenai plastik yang aman untuk penggunaan berulang.


Padahal, kebiasaan tersebut dapat menimbulkan potensi kontaminasi bakteri pada kemasan yang memang didesain untuk sekali pakai.

Untuk membantu Anda lebih cermat dalam memilah penggunaan kemasan, kali ini kami akan mengulas mengenai plastik yang umum Anda temukan sehari-hari. Artikel ini juga akan memberi Anda pengetahuan mengenai jenis plastik apa saja yang aman untuk penggunaan berulang.   

Jenis Plastik yang Aman untuk Penggunaan Berulang

Polyethylene Terephthalate (PET)

PET merupakan jenis plastik yang paling umum digunakan sebagai kemasan botol minuman. Sifat beningnya juga membuat PET diaplikasikan secara luas pada pengemasan pangan yang butuh memperlihatkan produk di dalamnya agar terlihat oleh konsumen.


Menurut American Chemistry Council (ACC), kemasan yang terbuat dari plastik PET aman untuk digunakan kembali setelah dicuci. Namun perlu diingat bahwa sebagian produk PET tidak tahan panas. Produk PET yang tidak tahan panas akan mengkerut jika mencapai suhu 80 derajat celcius.


Maka dari itu, hindari membersihkan kemasan plastik PET dengan dishwasher, dan kontak langsung dengan sinar matahari yang terlalu lama. 

High-Density Polyethylene (HDPE)

HDPE biasa digunakan sebagai kemasan botol ukuran besar seperti botol susu, botol jus, atau botol detergen. Beberapa kemasan produk pangan lain seperti margarin dan yogurt juga biasanya berbahan dasar HDPE.


Kemasan plastik HDPE aman untuk penggunaan berulang setelah produk aslinya habis dikonsumsi.

Polyvinyl Chloride (PVC)

Plastik PVC biasanya dihindari untuk digunakan sebagai bahan kemasan pangan. Alasannya, proses manufaktur dari PVC menghasilkan dioxin, yang merupakan karsinogen dan berbahaya bagi imunitas dan sistem reproduksi pada manusia. Jadi intinya, hindari penggunaan kemasan plastik PVC untuk menyimpan makanan ya!

Low-Density Polyethylene (LDPE)

Plastik LDPE biasa diaplikasikan menjadi kemasan pembungkus atau kantong plastik. Produk kemasan plastik LDPE cenderung aman untuk penggunaan berulang. Namun, Anda harus tetap mempertimbangkan produk apa yang Anda kemas menggunakan plastik tersebut.  

Polypropylene (PP)

Polipropilena merupakan salah satu material plastik serbaguna dan aman untuk digunakan berkali-kali. Polipropilena sering digunakan untuk mengemas margarin, yogurt, atau makanan yang butuh dihangatkan kembali.


Material plastik yang satu ini memiliki tingkat toleransi panas yang cukup tinggi. Karakteristik tersebut membuat polipropilena ideal untuk mengemas sup atau makanan yang butuh dihangatkan di microwave, tanpa munculnya risiko kontaminasi zat kimiawi tertentu pada makanan Anda. 

Polystyrene (PS)

Polisterin biasanya ditemukan pada gelas Styrofoam dan penampan daging di swalayan. Produk kemasan plastik polisterin tidak direkomendasikan untuk penggunaan berulang, juga tidak direkomendasikan pada pengaplikasian microwave.


Jika Anda menemukan plastik Polisterin digunakan untuk mengemas makanan panas, maka biasanya kemasan tersebut hanya dimaksudkan untuk sekali pakai saja.


Nah, sekarang Anda sudah tahu kan kemasan plastik apa saja yang aman untuk digunakan berulang kali? Jadi mulailah lebih cermat dalam menggunakan kemasan plastik dari sekarang ya!


Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Kunjungi Tokoplas untuk menemukan solusi tepat untuk berbagai kebutuhan plastik Anda!

Share it

Artikel Terkait