Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Weld Line pada Produk Plastik: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting 5 Dec 2022 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Weld line atau disebut dengan knit line merupakan salah satu bentuk cacat produk dalam produksi plastik yang sering dijumpai. Munculnya weld line ini bisa mempengaruhi fungsi dan nilai estetika dari sebuah produk. Apa penyebab weld line dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini!

Penyebab Weld Line

Ada berbagai penyebab mengapa weld line bisa muncul pada permukaan produk plastik. Berikut beberapa di antaranya:

1. Tekanan

Tekanan yang kurang mampu untuk mendorong aliran dan kembali pada posisi semula dapat menimbulkan weld line. Kondisi ini juga bisa menandakan bahwa mesin injection molding mengalami kerusakan atau kekeliruan terkait pengaturan. Selain itu, hal tersebut juga bisa menandakan masalah pada cetakan. 

2. Suhu

Jika temperatur atau suhu tidak cukup tinggi, maka cairan plastik akan mengeras sebelum waktu yang seharusnya. Beberapa bagian bisa saja mulai mengeras, sementara bagian lain masih berbentuk cairan yang mengalir. Kondisi seperti itu bisa memunculkan bekas garis atau weld line.


Meskipun begitu, suhu pada injection molding bisa berubah tergantung pada proses yang berlangsung serta kondisi bagian mesin. Contohnya pada tahapan pencetakan, aliran cairan, dan mesin injeksi yang masing-masing memiliki suhu berbeda.

3. Kualitas Molding

Cetakan atau molding dengan kualitas yang buruk bisa mempengaruhi hasil akhir produk. Misalkan, peletakan gate molding yang tidak sesuai dan ketebalan cetakan yang tidak sama akan menyebabkan weld line.

4. Kecepatan

Dengan kecepatan yang terlalu rendah, cairan akan bergerak melalui cetakan secara perlahan. Sehingga kemungkinan besar cairan tidak akan mendingin pada waktu yang sama. Weld line pada akhirnya akan muncul ketika satu bagian cairan mulai mendingin sebelum bagian lainnya.

5. Kontaminan

Cairan polimer yang memiliki kontaniman tidak mampu mengalir dengan lancar menuju cetakan. Pada akhirnya, ada bagian aliran akan lebih dulu mengisi cetakan, sedangkan aliran yang lain terhambat karena kontaniman tersebut.

6. Pelepasan Cetakan

Tekanan yang pada saat pelepasan plastik dari cetakan sangat dibutuhkan ketika Anda sedang memproduksi produk dalam jumlah besar. Akan tetapi, penurunan tekanan akan menyebabkan kecepatan ikut menurun dan memicu munculnya garis.

Dampak Weld Line

Walau hanya terlihat seperti garis biasa, weld line pada produk bisa berdampak buruk pada kualitas produk. Apa saja dampak tersebut?


1. Membuat Produk Menjadi Rapuh

Adanya weld line bisa memicu produk patah pada area yang terdapat garis. Contohnya, Anda hendak mengencangkan sekrup di sebuah lubang, di mana bagian sisi lubang tersebut terdapat weld line. Kemungkinan besar garis itu akan memicu permukaan patah saat Anda memutar sekrup di lubang.

2. Mengurangi Estetika

Walau Anda menyiasati permukaan yang terdapat garis dengan berbagai cara, weld line tetap bisa terlihat dan diraba. Tentu saja hal ini bisa mengurangi estetika pada produk, sehingga produk yang Anda produksi terkesan kurang berkualitas.

Cara Menghindari Weld Line

Karena dapat mengurangi kualitas produk, Anda sebagai manufaktur sebisa mungkin perlu meminimalisir kemunculan weld line. Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Ubah Bagian Perangkat dan Desain Cetakan

Melakukan perubahan terkait perangkat dan desain cetakan dapat dilakukan untuk mengurangi kemunculan garis setelah produk plastik selesai dibuat. Contoh perubahan yang bisa dilakukan adalah meningkatkan ketebalan dinding cetakan. Cara ini dapat membantu transmisi tekanan dan juga memastikan suhu leleh tetap lebih tinggi.


Penebalan bagian dinding dapat membantu memperlambat pendinginan. Sehingga cairan mampu menyebar ke bagian lain sampai akhirnya mampu mendingin dan mengeras. Akan tetapi, berhati-hatilah ketika hendak menggunakan metode tersebut. Dinding cetakanyang terlalu tebal justru dapat menimbulkan sink mark pada produk.

2. Sesuaikan Kondisi Sekitar Cetakan

Cara lain untuk menghilangkan garis pada cetakan injeksi plastik adalah dengan menyesuaikan suhu, kecepatan dan tekanan injeksi di sekitar cetakan. Jika suhu leleh atau kecepatan dan tekanan injeksi terlalu rendah, maka weld line bisa muncul lebih jelas. Anda sebaiknya meningkatkan suhu serta kecepatan dan tekanan injeksi untuk menghindari weld line.

3. Pantau Proses Mesin Secara Berkala

Proses yang berjalan pada mesin bisa menjadi faktor munculnya weld line. Misalkan, tiba-tiba tekanan berubah menjadi rendah dan tidak mampu mendorong aliran. Alhasil, kekuatan produk berubah menjadi buruk dan menghasilkan garis di permukaan. Itulah alasan mengapa Anda perlu memantau proses secara berkelanjutan untuk menghindari hal tersebut.


Itulah pembahasan singkat mengenai apa itu weld line sampai cara mengatasinya. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagai informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait