Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Cara Memilih Mesin Pembuat Biji Plastik untuk Daur Ulang

Diposting 3 Jun 2022 di Business

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Pemilihan mesin pembuat biji plastik adalah salah satu kriteria terpenting dalam membuat biji plastik daur ulang dengan kualitas yang konsisten. Pemilihan mesin yang tepat akan membantu menjaga kualitas, produktivitas proses produksi, dengan biaya yang rendah.


Simak hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin pembuat biji plastik daur ulang pada pembahasan di bawah ini!

Apa itu Mesin Pembuat Biji Plastik?

Mesin pembuat biji plastik adalah alat yang digunakan untuk memproduksi biji plastik dengan menggunakan proses peleburan dan pemotongan polimer menjadi bentuk biji plastik sehingga lebih mudah diproses untuk menjadi produk plastik.


Mesin ini cocok digunakan untuk mendaur ulang produk plastik limbah umum seperti polietilena (film plastik, botol minuman, kantong plastik, dll.) atau polipropilena (kantong anyaman limbah, tas pengepakan, tali pengikat, dll.).

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Mesin Pembuat Biji Plastik

Karakter

Melt Pelletizing

Strand Pelletizing

Water-Ring Pelletizing

Underwater Pelletizing

Bentuk biji plastik

Bulat dengan sisi datar

Bulan seperti bola

Silinder

Distribusi ukuran

Lebih konsisten dari strand pelletizing

Konsisten

Inkonsisten

Kepadatan massal

X + 5-10%

X + 5-10%

X


Perlu Anda ketahui bahwa umumnya terdapat dua jenis atau kategori sistem pembuat biji plastik, yaitu melt pelletizing (hot cut), dan strand pelletizing (cold cut).


Pada sistem hot cut atau melt pelletizing, plastik leleh dari die (cetakan) yang telah melalui proses pemanasan segera dipotong menjadi bentuk pelet, kemudian dibawa dan didinginkan oleh cairan atau gas. Sedangkan pada sistem cold cut, lelehan plastik dari die diubah terlebih dahulu menjadi untaian (strand) sebelum dipotong menjadi pelet setelah melalui proses pendinginan dan pemadatan.


Pemilihan antara keduanya bisa didasarkan pada material plastik yang Anda gunakan. Jika material plastik yang Anda gunakan cukup rentan, maka Anda bisa menggunakan sistem hot cut. Sebaliknya, material plastik yang cenderung kaku atau lengket bisa diolah menggunakan sistem cold cut.

Perbedaan antara Underwater Pelletizing dan Water-Ring Pelletizing


Pada tabel di atas juga dapat dilihat bahwa melt pelletizing dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu underwater pelletizing dan water-ring pelletizing. Perbedaan antara keduanya terletak pada pengaplikasian air, dimana pada underwater pelletizing ruang pemotongan plastik (cutting chamber) terisi penuh dengan air, sehingga polimer terendam dalam air saat keluar dari lubang cetakan.


Di sisi lain pada water-ring pelletizing, media pendingin dan air tidak memiliki kontak langsung dengan die. Pada sistem ini, plastik yang telah dipotong akan diarahkan menuju cincin air dan dialirkan menuju proses pendinginan selanjutnya.


Demikian pembahasan jenis-jenis mesin pembuat biji plastik serta cara memilihnya yang tepat untuk proyek daur ulang Anda. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait