Tokoplas.com required javascript enable
Tentang Kami

Keuntungan dari Pemanfaatan Teknologi 3D Printing

Diposting 23 Jun 2021 di Technology

Tokoplas Ecommerce Indonesia

Sedang berencana untuk mengganti metode pencetakan plastik untuk bisnis Anda? Additive manufacturing bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok karena dapat mempersingkat proses, mereduksi biaya pengeluaran, dan membuat produksi Anda menjadi lebih sustainable.


Pada artikel ini, kami akan membagikan informasi mengenai beberapa kelebihan yang bisa bisnis Anda dapatkan dengan menerapkan teknologi 3D printing.

1. Waktu penyelesaian yang lebih cepat

Salah satu kelebihan dari additive manufacturing (AM) adalah kemampuannya untuk mencetak produk berdasarkan permintaan. Hal ini membuat proses produksi menjadi lebih cost-effective karena produk bisa langsung disalurkan tanpa harus disimpan terlebih dahulu.

2. Kebebasan desain

3D printing menawarkan kebebasan bagi produsen untuk mendesain produknya menjadi berbagai macam bentuk yang tidak mungkin bisa dicapai oleh teknik pencetakan plastik lainnya. Dengan pengoptimasian software yang tersedia pada AM, 3D printing dapat menghasilkan produk dengan bentuk geometris cukup kompleks dan dengan waktu yang relatif singkat.

3. Kustomisasi produk

Permintaan akan personalisasi produk dari konsumen semakin kesini kian meningkat, dan 3D printing merupakan salah satu metode pencetakan produk plastik yang menyanggupi hal tersebut.

Sektor otomotif contohnya, telah menerapkan tren tersebut dimana Volkswagen mengeluarkan 100.000 komponen kendaraan setiap tahunnya, seperti kenop roda gigi, yang dikustomisasi.

4. Unggul dalam produksi dengan volume rendah dan prototyping

3D printing telah umum digunakan sebagai alat prototyping karena kemampuannya dalam menghasilkan produk dengan berbagai desain dalam waktu hitungan hari. Hal ini dimungkinkan karena teknologi 3D printing dapat membuat produk tanpa membutuhkan tooling yang rumit. Teknologi 3D printing dapat menghasilkan produk dengan desain apapun hanya dengan satu tekanan tombol saja.


Dengan AM, harga produk plastik yang dihasilkan akan cukup konsisten terlepas dari kompleksitas dan kuantitasnya. Hal ini menjadikannya sebagai metode manufaktur yang paling hemat biaya saat diperlukan produksi dan pembuatan prototipe dengan volume rendah.

5. Ramah lingkungan

3D printing merupakan satu-satunya teknik pencetakan yang hanya membutuhkan material pembuat produknya untuk dapat menghasilkan produk. Kemampuan unik 3D printing yang memungkinkan untuk menggabungkan bagian-bagian komponen produk menjadi lebih sedikit juga dapat membantu mempersingkat proses produksi dan proses daur ulang.

6. Pengembangan material

Pada masa awal pengembangannya, teknologi 3D printing hanya terbatas pada material-material tertentu dengan aplikasi fungsional yang terbatas pula. Namun, seiring dengan masuknya pemain besar seperti BASF ke industri ini, jumlah opsi material dengan berbagai variasi pengaplikasiannya kini semakin meningkat.


Mulai dari material engineering-grade seperti polipropilena, sampai high-performance polymer seperti PEEK, dapat digunakan pada teknologi 3D printing untuk menghasilkan berbagai macam produk plastik untuk berbagai pengaplikasian.

7. Cost-effective

3D printing dapat menawarkan harga yang kompetitif bagi suatu produk dengan produksi batch kecil. Harga produk yang diproduksi terbatas menggunakan teknologi 3D printing akan relatif lebih rendah daripada teknologi tradisional lainnya seperti injection molding, karena tidak membutuhkan investasi tooling.


Demikian sedikit ulasan mengenai keuntungan dari pemanfaatan teknologi 3D printing. Jelajahi website kami untuk menemukan berbagi informasi menarik terkait plastik lainnya. Bagi pebisnis plastik, Anda juga bisa mencari berbagai kebutuhan bahan baku plastik Anda di Tokoplas, mulai dari PE, PP, PS, PET, EVA, PC, ABS, Nylon, biji plastik daur ulang, aditif plastik, film plastik, dan pallet plastik.


Temukan resin/biji plastik sesuai kebutuhan Anda hanya di Tokoplas!

Share it

Artikel Terkait